Analisis SWOT
ANALISIS SWOT
Apa itu SWOT?
SWOT adalah metode perencanaan strategis yang digunakan untuk mengevaluasi kekuatan (strengths), kelemahan (weaknesses), peluang (opportunities), dan ancaman (threats) dalam suatu proyek atau suatu spekulasi bisnis. Keempat faktor itulah yang membentuk akronim SWOT (strengths, weaknesses, opportunities, dan threats). SWOT akan lebih baik dibahas dengan menggunakan tabel yang dibuat dalam kertas besar, sehingga dapat dianalisis dengan baik hubungan dari setiap aspek.Proses ini melibatkan penentuan tujuan yang spesifik dari spekulasi bisnis atau proyek dan mengidentifikasi faktor internal dan eksternal yang mendukung dan yang tidak dalam mencapai tujuan tersebut. Analisis SWOT dapat diterapkan dengan cara menganalisis dan memilah berbagai hal yang mempengaruhi keempat faktornya, kemudian menerapkannya dalam gambar matrik SWOT, di mana aplikasinya adalah bagaimana kekuatan (strengths) mampu mengambil keuntungan (advantage) dari peluang (opportunities) yang ada, bagaimana cara mengatasi kelemahan (weaknesses) yang mencegah keuntungan (advantage) dari peluang (opportunities) yang ada, selanjutnya bagaimana kekuatan (strengths) mampu menghadapi ancaman (threats) yang ada, dan terakhir adalah bagaimana cara mengatasi kelemahan (weaknesses) yang mampu membuat ancaman (threats) menjadi nyata atau menciptakan sebuah ancaman baru.
Teknik ini dibuat oleh Albert Humphrey, yang memimpin proyek riset pada Universitas Stanford pada dasawarsa 1960-an dan 1970-an dengan menggunakan data dari perusahaan-perusahaan Fortune 500.
Contoh diagram analisis SWOT
Penjelasan mengenai 4 (empat) komponen analisis SWOT, yaitu :
1. Strenght (S) atau
disebut sebagai analisis kekuatan
Adalah suatu kondisi internal
yang menjadi pendorong keberhasilan meraih posisi unggul dari suatu
organisasi atau perusahaan dalam menghadapi persaingan. Yang harus di lakukan
dalam analisis ini adalah setiap organisasi atau perusahaan harus bisa menilai
kekuatan-kekuatan dan kelemahan di bandingkan dengan para pesaingnya. Misalnya
jika kekuatan perusahaan tersebut unggul didalam teknologinya, maka keunggulan
itu dapat di manfaatkan untuk mengisi segmen pasar yang membutuhkan tingkat
teknologi dan juga kualitas yang lebih maju.
2. Weaknesses (W) atau
disebut sebagai analisi kelemahan
Adalah suatu kondisi internal
yang menghambat keberhasilan dari suatu organisasi atau perusahaan untuk
mencapai tujuannya. Weaknesses merupakan sebuah cara untuk menganalisis kelemahan
sebuah organisasi ataupun perusahaan yang menjadi kendala serius dalam kemajuan
suatu organisasi atau perusahaan. Misalnya jika perusahaan tersebut terdapat
kendala dalam pemasaran yang kurang baik, maka perusahaan harus meneliti
kekurangan-kekurangan yang di miliki yang berhubungan dengan sektor pemasaran.
3. Opportunity (O) atau
disebut sebagai analisis peluang
Adalah suatu kondisi eksternal
yang menjadi pendorong keberhasilan dari suatu organisasi atau perusahaan dan
dapat memberikan peluang berkembangnya organisasi dimasa depan. Opportunity
adalah sebuah alat analisa yang gunanya untuk mencari sebuah peluang ataupun
terobosan yang memungkinkan suatu perusahaan ataupun organisasi bisa berkembang
di masa sekarang ataupun di masa yang akan datang.
4. Threats (T) atau disebut sebagai analisis
ancaman
Adalah suatu kondisi eksternal
yang menghambat keberhasilan pencapaian tujuan suatu organisasi atau
perusahaan. Threat adalah sebuah alat analisa yang digunakan untuk menghadapi
berbagai macam faktor lingkungan yang tidak menguntungkan pada suatu perusahaan
atau organisasi yang dapat menyebabkan kemunduran. Jika tidak segera di atasi,
maka ancaman tersebut akan menjadi penghalang bagi suatu usaha yang
bersangkutan baik di masa sekarang maupun masa yang akan datang.
Manfaat Analisis SWOT
Metode analisis SWOT adalah
sebuah metode analisis yang paling dasar, yang berfungsi untuk melihat
suatu topik ataupun permasalahan dari 4 empat faktor yang berbeda. Hasil
akhirnya biasanya merupakan sebuah bentuk arahan ataupun rekomendasi untuk
mempertahankan kekuatan dan menambah keuntungan dari segi peluang yang ada,
sambil mengurangi kekurangan yang dimiliki dan juga menghindari berbagai
ancaman yang mungkin akan terjadi. Jika digunakan dengan baik dan benar,
maka analisis ini akan dapat membantu sebuah organisasi ataupun perusahaan
untuk melihat sisi-sisi yang terlupakan atau tak terlihat selama ini. Dari
pembahasan diatas tadi, analisis SWOT merupakan sebuah instrumen yang sangat
bermanfaat dalam menganalisis strategi. Analisis ini berperan sebagai alat
untuk meminimalisasi kelemahan yang terdapat dalam suatu perusahaan atau
organisasi serta menekan dampak ancaman yang timbul dan harus dihadapi.
Komentar
Posting Komentar